intsoftscape

around of me…and share…

CABAI RAWIT, SI KECIL YANG PEDAS DAN BERMANFAAT

Cabai rawit adalah salah satu jenis cabai yang masuk dalam golongan terong-terongan atau solanaceae. Cirinya berbentuk kecil dengan warna hijau terdiri atas tiga bagian yaitu tungkai buah, buah dan biji. Cabai rawit memiliki rasa pedas yang tajam boleh karena adanya kandungan zat kapsaisin pada buahnya yang bermanfaat untuk melancarkan aliran darah dan pemati rasa kulit.

Dibalik rasanya yang pedas, cabai rawit memiliki berbagai khasiat antara lain stimulan kuat untuk jantung, melancarkan aliran darah, menghancurkan bekuan darah dan meningkatkan nafsu makan. Selain itu juga bermanfaat sebagai tonik, peluruh kentut, peluruh keringat, peluruh liur, peluruh kencing, melegakan hidung tersumbat dan batuk berdahak. Secara lokal, cabai rawit sering dipakai sebagai campuran obat gosok karena mempunyai efek menimbulkan rasa panas. Kandungan vitamin C dan beta karoten yang tinggi menjadikan cabai rawit dapat dipakai juga untuk mengatasi ketidaksuburan dan memperlambat proses penuaan.

Namun selain banyak khasiatnya tersebut, cabai rawit juga mempunyai beberapa efek samping yang perlu diperhatikan. Cabai rawit tidak boleh diberikan pada orang yang sedang mengalami gangguan pencernaan karena dapat menyebabkan diare, pada orang yang menderita sakit tenggorokan karena akn menambah rasa panas dan keringnya tenggorokan serta pada orang yang menderita sakit mata karena akan menambah produksi air mata.

*dari berbagai sumber

Februari 14, 2010 - Posted by | Tanaman obat, VEGETASI | , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: