intsoftscape

around of me…and share…

EKSPRESI INTERIOR DALAM RUANG SEMPIT

Kecil dan sempitnya lahan yang kita miliki tidak boleh menyurutkan minat kita dalam menata interiornya, karena apabila interiornya ditata dengan baik niscaya akan menghasilkan suasana ruang yang nyaman. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan untuk mendapatkan hasil yang optimal pada lahan rumah yang sempit dan terbatas.

  • Catat semua aktivitas yang akan dilakukan

Pertama-tama, anda harus mendata semua aktivitas yang akan anda dan keluarga lakukan di dalam rumah. Catatlah dengan lengkap jangan sampai ada yang terlewatkan. Data ini menjadi acuan untuk menentukan alat-alat rumah tangga yang diperlukan.

  • Jangan sia-siakan sudut ruang

Seletah menentukan perangkat yang menunjang segala aktivitas di dalam rumah, langkah selanjutnya adalah anda harus memikirkan bagaimana merancang perangkat tersebut beserta isinya secara efektif, efesien dan bisa memnyesuaikan dengan kondisi ruang yang ada. Artinya, ruang sekecil apapun di dalam rumah harus dimanfaatkan dengan sempurna. Bisanya ruang di bawah tangga atau dapur seringkali belum diolah secara maksimal. Buatlah tiap ruang menjadi tempat yang optimal.

  • Sesuaikan dengan ukuran ruang

Tidak usah memaksakan diri megisi ruang dengan barang-barang yang menyita banyak ruang, sehingga menyebabkan ruang terkesan sempit. Usahakan untuk menyeimbangakan barang-barang yang digunakan dengan kondisi ruang yang ada. Dengan demikian, penataan ruang bisa optimal dan kesumpekan dalam rumah dapat dihindari.

  • Hindari kebiasaan buruk menyimpan barang tidak terpakai

Jangan sekali-kali anda segan membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai atau tidak berfungsi lagi yang masih tersimpan di dalam rumah. Karena sedikit saja barang-barang tersebut mengisi rumah kita, bisa mengganggu kerapian dan kenyamanan ruang.  Biasanya penghuni rumah senantiasa masih menyimpan barang-barang yang sudah tidak terpakai dengan alas an mungkin suatu hari bisa dimanfaatkan lagi. Padahal tanpa disadari kebiasaan ini justru mendorong terciptanya kesumpekan dan kekumuhan di dalam rumah.

  • Minta bantuan cermin besar

Cermin di dalam ruang dapat membantu merefleksikan ruang sehingga terasa lebih luas. Penempatan cermin bisa dilakukan pada seluruh dinding ruang atau dengan sekedar menggantungkan cermin dengan desain yang kita sukai. Peranan cermin, selain menimbulkan kesan luas dalam ruangan, juga dapat membuat ruang terkesan lebih hidup.

  • Jangan memasang hiasan secara berlebihan

Niatnya ingin menghasiklan suasana yang nyaman, tapi justru akan menimbulkan kesan sumpek dan padat. Hal inilah yang akan terjadi apabila kita memasang hiasan dan pernak-pernik terlalu banyak di dalam rumah/ruangan. Hiasan dan pernak-pernik yang berlebihan dapat menghalangi pandangan serta gangguan keharmonisan ruang.

Dengan menerapkan trik-trik diatas, maka ruang kecil yang nyaman akan mudah anda ciptakan. Pada dasarnya tidak ada kesulitan dan kendala berarti pada penataan rumah kecil, asal selalu ada aide dan kreativitas menata ruang. Sehingga akan tercipta rumah yang indah dan tertata rapi yang dapat menimbulkan rasa percaya diri pada pemiliknya.

About these ads

Februari 15, 2010 - Posted by | RUANG | , , ,

3 Komentar »

  1. nice artikel, ayo diterapkan di rumah . . .

    Komentar oleh yudhine | Februari 25, 2010 | Balas

  2. kayaknya saya butuh beli cermin besar itu

    Komentar oleh imadewira | Maret 2, 2010 | Balas

  3. bener. saya punya barang tak terpakai banyak sekali di dalam kamar. Jadi pengen di jual saja.

    Komentar oleh hanif IM | Maret 17, 2010 | Balas


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: