intsoftscape

around of me…and share…

TANAMAN RAMBAT YANG DAPAT BERFUNGSI SEBAGAI PENEDUH

Saat ini tanaman rambat banyak digunakan orang sebagai naungan atau peneduh peneduh pergola. Cara tumbuhnya yang merambat dan bercabang dari titik penanamannya, membuat tanaman ini dapat tumbuh menutupi tiap bagian pergola. Kelebihan lainnya adalah banyak tanaman rambat ini yang memiliki bunga dengan bentuk dan warna yang cantik.

Jenis tanaman rambat ini cukup banyak, maka sebelum memilihnya, Anda harus mengetahui sifat tanaman tersebut. Salah asatu sifat yang perlu anda ketahui adalah apakah tanaman tersebut akarnya dapat melekat langsung pada bidang yang dirambatinya atau tidak.

Secara garis besar, tanaman rambat dibagi menjadi dua golongan. Pertama adalah tanaman rambat yang merambat dengan sendiri tanpa bantuan media perambatan karena mempunyai akar yang bias melekat. Tanaman ini sering disebut dengan tanaman liana. Dan yang kedua adalah tanaman rambat yang perambatannya disengaja, sehingga diperlukan media bantu perambatan dari kawat atau bahan yang lain. Tanaman ini disebut dengan tanaman rambat perdu.

Kali ini kita akan membahas beberapa tanaman rambat golongan liana, yaitu:

Pasiflora

Tanaman ini mempunyai nama latin Passiflora sp yang merupakan tanaman rambat dengan bunga yang unik karena memiliki lima helai mahkota, lima kelopak, lima benang sari dan tiga tangkai putik. Dimensi bunganya memiliki diameter 5cm. inilah yang menjafi cirri khas tanaman pasiflora.

Pasiflora pertama kali ditemukan oleh Jacomo Bosio in Rome di Amerika bagian selatan pada tahun 1608. Setelah itu pada tahun 1745 beberapa spesies pasiflora diklasifikasikan oleh Linnaeus dan hasilnya didapatkan 22 spesies pasiflora.

Saat ini spesies pasiflora jumlahnya ada sekitar 500-an. Beberapa spesies pasiflora yang bias Anda pilih diantaranya Passiflora coccinea, Passiflora violaceae dan Passiflora caerulea.

Passiflora coccinea atau sering disebut dengan pasiflora bunga merah adalah spesies yang banyak berkembang di negara tropis seperti di Indonesia. Cirri khas yang lain tanaman dari Amerika Selatan ini adalah batangnya mempunyai bulu halus dan daunnya berbentuk oval dengan bagian tepi yang bergerigi.

Stefanot

Nama latin tanaman ini adalah Stephanotis sp. Nama Stephanotis merupakan nama dari gabungan dua kata, yaitu stephonos yang berarti mahkota dan otos yang berarti telinga. Bila digabungkan, arti Stephanotis adalah mahkota yang ‘bertelinga’. Secara fisik, tanaman ini memiliki bunga dengan mahkota berjumlah lima yang mirip seperti telinga.

Ada beberapa spesies Stephanotis yang berkembang saat ini seperti Stephanotis acuminata, Stephanotis floribunda, Stephanotis isaura dan Stephanotis thouarsi yang berasal dari Madagaskar. Stephanotis nana dan Stephanotis yunnanensis dari China, Stephanotis japonica dan Stephanotis lutchuensis dari Jepang.

Dari semua spesies tersebut, Stephanotis floribunda merupakan spesies stefanot yang banyak digemari. Spesies ini memiliki cirri bunga yang berwarna putih.

Nona makan sirih

Apabila kita perhatikan dari fisiknya, tanaman Nona Makan Sirih atau Clerodendrum thomsoniae mirip dengan tanaman sirih, terutama bentuk daunya. Namun perbedaannya, tanaman rambat ini mempunyai bunga dengan kelopak berwarna putih dan mahkota berwarna merah.

Nona Makan Sirih berasal dari Afrika Selatan. Tanamana ini akan tumbuh dengan baik apabila kondisi tanahnya gembur dan terkena sinar matahari. Menurut Balai Jaringan Informasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, daun Nona Makan Sirih bisa digunakan untuk menyembuhkan radang selaput gendang telinga pada anak-anak. Cara tepat merawat tanaman Nona Makan Sirih adalah dengan memangkas batang yang sudah tua agar bunganya rajin tumbuh.

Thunbergia

Ciri khas tanaman yang mempunyai nama latin Thunbergia sp. adalah mempunyai bunga yang berwarna warni. Thunbergia merupakan salah satu genus dari tanaman bunga family acanthaceae yang ditemukan di daerah Afrika, Madagaskar, Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Ada beberapa spesies thunbergia, diantaranya adalah Thunbergia alata, Thunbergia coccinea, Thunbergia erecta, Thunbergia fragrans, Thunbergia frandiflora, Thunbergia gregorii, Thunbergia laurifolia dan Thunbergia mysorensis. Dari beberapa spesies tersebut, dua spesies yang banyak dijumpai adalah Thunbergia mysorensis yang biasa disebut dengan nama clockvine dan Thunbergia grandiflora. Kedua spesies thunbergia ini mempunyai ciri bunga yang menjulur ke bawah.

Ceguk

Ceguk merupakan tanaman rambat yang memerlukan sinar matahari langsung. Tanaman dengan nama latin Quisqualis indica ini dapat tumbuh dengan sangat baik di daerah dataran rendah. Ciri-ciri tanaman ini adalah mempunyai bentuk daun yang bulat dengan tangkainya yang pendek. Bagian bawah daunnya mempunyai bulu yang halus, bunganya berwarna merah muda dan berbau harum.

Melati

Melati atau Jasminum sp. merupakan salah satu tanaman rambat yang bunganya harum.  Saat ini sudah banyak spesies dari Jasminum sp. seperti Jasminum sambac yang berwarna putih dan Jasminum revolutum atau Jasminum primulinum yang berwarna kuning cerah. Tanaman melati dapat menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan sekitarnya, bisa tumbuh di dataran rendah maupun di dataran tinggi.

*dari berbagai sumber

About these ads

Februari 14, 2010 - Posted by | Tanaman hias, VEGETASI | , , , , , ,

Belum ada komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: